Smart Office atau dalam bahasa Indonesia berarti kantor pintar adalah salah satu sistem komputer yang revolusioner. Beberapa perusahaan besar dan startup telah mengubah alur kerja mereka ke tren biasa. Di era digital saat ini, banyak aktivitas manusia yang terintegrasi dengan media elektronik, begitu juga dengan kebutuhan internet.
Dengan demikian, banyak operasi dapat dilakukan secara online menggunakan berbagai perangkat modern berdasarkan sistem aplikasi terpusat. Pada artikel ini, kita akan membahas cara mengatur sistem kantor pintar. Saya harap Anda dapat menerapkan beberapa terobosan baru dari keberadaan kantor pintar ini di perusahaan yang Anda dirikan atau tempat Anda bekerja saat ini.
Pertama, kita akan membahas secara singkat konsep smart office itu sendiri. Smart office adalah sistem yang dikembangkan untuk membantu masyarakat meningkatkan produktivitasnya dalam melakukan aktivitas kerja, dengan menggunakan teknologi pintar dan IoT (Internet of Things).
Indonesia sendiri, penggunaan smart office masih belum banyak dilakukan oleh sebagian besar industri perkantoran saat ini. Karena pada dasarnya kebutuhan akan sistem seperti itu masih relatif kecil, dan sumber daya yang ada saat ini masih belum 100% mampu mendukung terciptanya sistem smart office yang sepadan.
Keunggulan dari Smart Office
Selanjutnya, kami akan membahas mengenai beberapa keunggulan dari penerapan sistem smart office untuk kebutuhan peningkatan performa kegiatan bisnis perusahaan pada lingkungan perkantoran.
1. Telah terintegrasi dengan ekosistem bisnis yang ada
Dengan adanya kantor cerdas, maka segala bentuk aktivitas perusahaan baik internal maupun eksternal telah terintegrasi oleh sistem. Setiap komponen yang menerapkan teknologi IoT dijalankan melalui sistem dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut.
2. Mendukung kerja secara remote
Ketika perusahaan tempat anda bekerja telah menerapkan sistem smart office, maka segala bentuk kegiatan dapat dilakukan sesuai sistem dan dipandu secara online. Secara tidak langsung, hal tersebut membuat seseorang dapat bekerja lebih fleksibel. Salah satu contohnya adalah kerja remote yang saat ini banyak diterapkan di seluruh penjuru dunia.
Seorang karyawan tidak perlu lagi untuk datang ke kantor setiap hari. Cukup dengan kerja di rumah, maupun tempat lain juga dapat dilakukan ketika kondisi sangat tidak memungkinkan untuk bekerja di dalam kantor.
3. Menjaga dan memonitoring data karyawan
Sistem keamanan jaringan dan komputer sangat dibutuhkan agar tidak adanya kejahatan siber, seperti praktek peretasan data, spamming, cracking, dan lain sebagainya. Dengan bantuan teknologi IoT atau komputasi cerdas (seperti AI), diharapkan mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut.
4. Mengurangi jumlah alokasi biaya pengeluaran perusahaan
Dan keunggulan terakhir adalah mengurangi besaran biaya pengeluaran perusahaan untuk pengadaan alat dan sumber daya yang ada. Sehingga, perusahaan tersebut dapat mengkoordinasikan dan mengalokasikan sumber dana untuk kegiatan dan kebutuhan produk perusahaan.
- Manfaat Penerapan Smart Office
Manfaat utama dari penerapan kantor cerdas adalah, supaya setiap karyawan pada perusahaan menjadi lebih produktif dan berdaya saing tinggi. Selain itu, juga untuk mengetahui kinerja dari setiap tim maupun departemen yang berada dalam ruang lingkup perusahaan. Kemudian, solusi smart office juga memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas pekerjaan, sehingga menjadi lebih efisien dan efektif lagi jika dibandingkan dengan penerapan metode konvensional.