-->

Type something and hit enter

On
advertise here

Mahasiswa Tel-U

 Bandung, Telkom University - Untuk mendukung proses pemasaran produk bambu di Desa Mekarsari, mahasiswa PTS Terbaik Indonesia mengembangkan inovasi produk bernama Selaawi Smart Market (SMART) untuk memfasilitasi perajin di Desa Mekarsari memasarkan produknya langsung ke konsumen akhir. . SMART juga berhasil masuk 150 besar program Innovillage.

SMART dikembangkan oleh tiga mahasiswa Tel-U, yaitu Aqila Zahra Qonita (S1 Digital Public Relations); Fadhly Al-farizi (S1 Ilmu Komputer); dan Rham Hadi Al-Fauzan (S1 Digital Public Relations). Pengembangan aplikasi SMART dimulai pada September 2022, tiga mahasiswa dibimbing oleh dosen Fakultas Komunikasi dan Ekonomi, Choiria Anggraini, M.I.Kom.

Menurut Ketua Tim Aqila Zahra Qonita, pengembangan SMART memiliki beberapa tujuan utama. Pertama, mempersempit kesenjangan keuangan antara pengrajin dan kolektor. Kedua, meningkatkan kreativitas produk bambu untuk memenuhi kebutuhan pasar saat ini. Ketiga, pemasaran online produk kerajinan bambu yang lebih luas.

Mengembangkan situs web SMART membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu. Selama itu, tim melakukan koordinasi awal dengan mitra di Kecamatan Selawi, Desa Mekarsar, dan bertemu dengan pengrajin untuk mengidentifikasi permasalahan. “Oleh karena itu, sebagai hasil pemungutan suara awal, kami akan menyiapkan proposal dan terus berkoordinasi dengan mitra dengan fakultas pendamping untuk melakukan penilaian dan memastikan inovasi yang diusulkan diperlukan,” kata Aqila.

Sebagai pembicara pendamping, Choiria Anggraini berharap implementasi produk inovasi SMART dapat direplikasi di setiap desa di Selaw yang memiliki permasalahan yang sama. Sehingga keuntungan yang ditawarkan tidak hanya dirasakan oleh para perajin bambu desa Mekarsari, tetapi juga merata ke seluruh desa. 

2 komentar

avatar

Thank for the information, please visit
VisitUs

avatar

Nice post,thanks for sharing very useful
Visit Us IT TELKOM SURABAYA

Click to comment